Running scp in background

Dalam kasus yang saya alami terdapat 3 buah komputer, 1 komputer Ubuntu server berada di gedung cyber dengan speed internet yang besar, 1 komputer CentOS 5 tanpa GUI di kantor dan 1 leptop Ubuntu desktop yang saya pakai sehari-hari.

Saya telah mengunduh file ukuran 4 GB di Ubuntu server, saya ingin menyalinnya ke CentOS pada malah hari untuk kemudian saya salin lagi ke leptop pada pagi harinya.

Langkah-langkah yang saya lakukan adalah sebagai berikut:

  • Buka terminal di leptop, login ke ssh CentOS
  • Pada terminal ssh CentOS saya salin file dari Ubuntu server ke lokal menggunakan scp.
    scp user@<ip ubuntu server>:/home/user/<nama file> ~
  • Bawa proses scp ke background dengan CTRL+z kemudian bg
  • Disown proses background (disown)
  • Keluar dari ssh session (exit)
  • Proses scp akan berlanjut hingga selesai
  • Setelah selesai salin file dari CentOS ke leptop menggunakan sftp
Leave a Reply

